Selasa, 01 Januari 2013

SISTEM SOSIAL INDONESIA


Ciri-Ciri Kapitalisme
1.Sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki oleh individu
Di Indonesia pemegang ekonomi terbesar yaitu presiden. Pemerintah memiliki dan menggunakan faktor produksi. Pemerintah yang mengatur berjalannya perekonomian negara. Akan tetepi terkadang ada juga pengusaha yang menggunakan sarana prasarana pribadi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia sekarang ini menggunakan sistim ekonomi campuran. Yaitu adanya campur tangan dan perpaduan antara pemerintah dan swasta. Adanya persaingan dipasar tetapi masih dalam kontrol pemerintah.
Mislanya: BUMN,BUMD ( PDAM, PLN), PERTAMINA (Premiun, Pertamax),                 Perangko
2.Barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas (free market) yang bersifat kompetitif
            Dewasa ini persaingan pasar bebas sedang marak. Adanya  arus globalisasi yang melaju pesat menyebabkan semakin banyaknya barang-barang yang diperdagangkan di pasaran. Serta adanya pengaruh barang-barang dari Cina yang lebih mendukung maraknya pasar bebas. Barang-barang dari Cina lebih terbukti lebih murah dan lebih banyak diminati. Meskipun kualitasnya belum tentu bagus.  
            Misalnya: Merk Elektronik (HP:Nokia bersaing dengan Samsung), Merk Kendaraan Bermotor (Honda bersaing dengan Yamaha), Operator Kartu Perdana (Telkomsel bersaing dengan Indosat)
3.Modal Kapitalis (baik  uang maupun kekayaan lain) diinvestasikan ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba (profit)
            Banyak pengusaha Indonesia menginvestasikan kekayaan dalam bentuk perusahaan dan usaha lain yang dikira sedang melambung dipasaran. Adanya usaha lebih, untuk menumpuk kekayaan sebanyak-banyaknya serta memperbesar usahanya. Pengusaha lebih mementingkan kepentingan pribadinya. Adanya persaingan juga menuntut pengusaha untuk lebih ekstra dalam mengembangkan usahanya.
            Misalnya: Keluarga Bakri, Keluarga Cendana (Soeharto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar