Selasa, 01 Januari 2013

FESTIVAL BUDAYA MERIAH

TEMANGGUNG, Festival Budaya yang diselenggarakan  guna memeriahkan peringatan hari jadi  ke 175 Kabupaten Temanggung tahun 2009 Minggu kemarin berlangsung meriah. Tidak kurang 93 group kesenian dari 32 jenis  kesenian tradisonal tampil menghibur  puluhan  ribu penonton. Selain  itu juga dilakukan display  penyulingan tembakau menjadi nikotin oleh fakultas MIPA UGM Yogyakarta.
     Dalam upacara pembukaan yang berlangsung dialun-alun, Bupati Drs.Hasyim Afandi mengatakan , festival budaya  digelar  untuk menghibur masyarakat sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke 175 kabupaten Temanggung. Festival kesenian kali ini lanjutnya, berbeda dengan penyelenggaraan  tahun-tahun sebelumnya. Jika  sebelumnya berbagai group kesenian tampil  pawai keliling kota, namun untuk penyelenggaraan tahun ini  tampil di tempat (stasioner).
     “Kepada Dinas Disbudparpora, Bupati mengharapkan untuk kedepannya selalu melakukan inovasi dan trobosan dalam menampilkan dan mengembangkan budaya khususnya kesenian tradisional dari Temanggung” lanjutnya.
     Drs. Bambang Arochman, MM sekda Temanggung selaku ketua panitia melaporkan bahwa Festival Budaya Temanggung 2009 akan berlangsung di sepanjang jalan Jendral R. Suprapto-alon-alon-jalan MT Haryono Temanggung. Acara tersebut selain kesenian juga festival kuliner, festival kerajinan, seni lukis, seni Pahat dan display penyulingan Nikotin. Kesenian tradisional yang tampil antara lain Kuda lumping, Sandulan, Kubro Siswo, Gatoloco, Wayang Kulit, Rebana  dan masih banyak lagi.
     Bersamaan dengan acara tersebut juga di adakan Lomba Foto tingkat Nasional dengan terbuka untuk umum, baik fotografer amatir, pemula maupun professional dengan menggunakan segala jenis dan tipe kamera atau kamera HP. Peserta. Obyek pengambilan foto adalah kegiatan Festival Budaya Temanggung 2009, mulai dari persiapan sampai dengan akhir pertunjukkan yang digelar.(Hms09/pakDhe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar